LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

diagram blok

andrians99_0-1627001381319.png

hallo semua, saya kan bikin program di lv, nah itu ada 2 blok diagram didalamnya. gimana ya caranya agar bisa jalan satu persatu, soalnya misal saya jalankan program yang pertama nanti otomatis program yang kedua juga jalan. kalau di gambar yg saya cantumkan, saya hendak menjalankan tab 1 dan 2, namun otomatis tab 3 nya juga ikut jalan. mohon solusinya. terimakasih

 

0 Kudos
Message 1 of 4
(1,725 Views)

Hai andrians99, Good day.

 

Project yang menarik sekali. hehehe

 

saya ingin bertanya, maksudnya memiliki 2 block diagram itu seperti apa kah? karena setahu saya, VI memiliki 1 front panel yang selalu setia dengan 1 block diagram. apakah itu berupa subVI, subclass program, atau memiliki 2 loops?

jika dalam blok diagram terdapat 2 loop dan dijalankan satu persatu, apakah ada dependencies antar loop tersebut? contohnya ada Loop program 1 dan Loop program 2. Loop program 1 akan berjalan terlebih dahulu kemudian PASTI dilanjutkan dengan Loop program 2, maka digunakan Squence Structure. atau Loop program 1 dan Loop program 2 bekerja sendiri-sendiri tanpa ada hubungan sama sekali, maka perlu didefinisikan trigger atau kondisi apa yang membuat program tersebut berjalan. kondisi atau trigger tersebut dapat di inputkan ke Case Structure dengan masing-masing program di dalamnya.

 

Untuk contoh dari gambar yang sodara/i sertakan, saat membuat Tab di front panel, akan muncul Tab Control yang berupa enumerated control juga di blok diagram. Tab Control tersebut dapat di inputkan ke Case Structure . dalam kasus tersesebut digunakan case stucture dengan 2 cases. jika Tab 1 atau Tab 2 yang dipilih, maka menjalankan program 1 dan 2, sedang case terakhir khusus ketika Tab 3 dipilih. 

Namun perlu berhati-hati dalam penggunaan metode tersebut. perlu diperhatikan behaviour dari program yang diingikan. contohnya program dijalankan ketika Tab 1 (maka program Tab 1 dan Tab 2 akan berjalan) kemudian ditengah jalan user mengklik Tab 3( yang membuat program Tab 3 berjalan). pada kondisi tersebut, apakah program Tab 1 dan 2 berhenti, atau tetap berjalan. begitu pula sebaliknya.

CMIIW. Thanks.

 

Septyawan Aulia - Nuclear Electronics Engineer

Message 2 of 4
(1,694 Views)

Halo mas andrians,

 

Mungkin kalau disertakan juga code block diagramnya akan lebih memudahkan. Berdasarkan yang telah disampaikan, masnya bisa coba bikin satu while loop, kemudian di dalamnya bikin case selector. Nah, output dari tab selector itu connect-kan ke input dari case selector. Baru mas adrians bikin logic untuk masing-masing tab di dalam case selector itu.

 

Semoga membantu.

0 Kudos
Message 3 of 4
(1,614 Views)

Hi andrians.

Bisa menggunakan Case Structure dengan input Tab control yang telah anda buat.

Reza

https://haliatech.com/

0 Kudos
Message 4 of 4
(1,567 Views)