LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

myRIO Surveillance Wheeled Robot

Hai Semua, saya Muhammad Septyawan dari Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir - Badan Tenaga Nuklir Nasional. sedikit ingin share. myRIO Surveillance Wheeled Robot (mySweet) adalah sebuah robot beroda yang menggunakan NI myRIO-1900 dari National Instrument sebagai controllernya. Robot ini bisa bergerak maju, mundur dan berbelok. selain itu, robot ini dilenkapi dengan camera sebagai fungsi pengawasan. Sehingga robot ini bisa dikontrol secara wireless dan melakukan streaming video ke komputer. Project ini merupakan bagian dari project selama 1 bulan Internship di National Instrument Indonesia.

myRIO Surveillance Wheeled Robot Video

Alat dan Bahan :

  • LabVIEW 2015
  • myRIO-1900 (AQUILA - belongs to Suryo-sensei)
  • Tamiya Dunny 4WD Chassis with DC motor Mabuchi 540SH and Servo HS540
  • USB Camera Logitech C525 720HD (Belongs to Mbak Gaby)
  • EMS 30A Motor Driver
  • EMS 3A adjustable regulator
  • Jumper Cables + power switch
  • Karet gelang ???

Tujuan :

Membuat robot beroda yang memiliki kebebasan bergerak maju,mundur dan berbelok. memiliki kemapuan pengawasan yaitu mengambil citra bergerak untuk dikirimkan dan ditampilkan serta dapat di tonton ulang.

Hardware :

karena menggunakan chassis tamiya, maka separuh pengerjaan hardware sudah selesai. dari chassis tersebut, dilengkapi CD motor Mabuchi 540SH. motor ini cukup powerfull, kuat, mudah digunakan namun cukup menyedot arus yang besar (dan mahal ) karena itu untuk mengontrol motor ini, digunakan PWM yang diumpan ke Motor Driver untuk mendrive kecepatan motor. disini digunakan pin C/PWM0 myRIO untuk mengontrol kecepatan motor. kemudian untuk mengatur arah putar motor, digunakan logika driver melalui pin C/DIO1 dan C/DIO2 myRIO melalui driver motor juga. sedikit nge-betak juga. But It works so no problem

kemudian, untuk mengatur robot untuk berbelok, digunakan servo HS540. servo ini cukup (mahal)mudah diperoleh dan diprogram. saya gunakan pin C/PWM1 untuk mengontrol servo. karena robot ini merupakan tipe mobil robot propotional, maka perubahan arah dari robot sebanding dengan simpangan servo. untuk kamera, digunakan port USB.

terakhir untuk hardware adalah penataan tempat komponen dan wiring.

P_20160830_184236 - Copy.jpg

Penampakan Depan. kind of mess, but I proud of it. heheh

Software :

untuk software, terdapat 2 VI. satu running di Host dan satu running di myRIO. untuk VI yang running di Host, terdapat 2 loop utama. yang pertama adalah loop control yang berfungsi membaca perintah arah dari keyboard dan kontrol kecepatan. loop kedua untuk downstream image yang dikirim myRIO melalui TCP/IP kemudian ditampilkan. selain itu image disimpan dalam bentuk .avi sehingga dapat dilihat ulang.

host_FP.jpg

host_BD.jpg

untuk VI yang running di myRIO, terdapat 2 loop utama juga. loop pertama untuk membaca kontrol dari Host dan menerjemahkan menjadi gerakan robot. untuk pengakses I/O dimyRIO, menggunakan low level. pengkondisian nilai PWM untuk kecepatan motor dan arah servo dicari berdasarkan uji coba.loop kedua adalah untuk image upstream untuk mengirim image melalui TCP/IP.

remote_FP.png

remote_BD.jpg

Message 1 of 9
(7,639 Views)

keren mas wawan.

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2021
Message 2 of 9
(6,607 Views)

Mantap vroh!

Karet gelang gw balikin oyy..

Message 3 of 9
(6,607 Views)

Mntapppp

Message 4 of 9
(6,607 Views)

Very nice indeed! we are looking forward to seeing your next fantastic project

Message 5 of 9
(6,607 Views)

Mas Suryo.B karet gelangnya ada 2 buah kebawa pulang Mas, masih belajar juga ini Mas KrisnaWisnu , mohon ditunggu TA ane Pak Ymahardh

0 Kudos
Message 6 of 9
(6,607 Views)

emangnya aku bapak mu?!

hehe .. all the best bro

Message 7 of 9
(6,607 Views)

so funtastic

I sure you could do much better

keep study and play with Labview Kak

hohohoho

Message 8 of 9
(6,607 Views)

Wahh Mantapp. Keren sekali mas. hehe.

Ada yang mau saya tanyakan mas.

Kebetulan saya juga sedang mengembangkan robot yang mirip dengan yang Mas buat. Saya menggunakan MyRIO-1900 sebagai controller utama robot saya mas.

Saya mengalami kesulitan untuk membuat VI agar robot dapat dikendalikan menggunakan keyboard mas. Apakah saya bisa melihat contoh program yan dibuat oleh Mas Muhammad Septyawan? File rar yang dilampirkan di post ini corrupted mas, jadi tidak bisa dibuka.

Terimakasih sekali mas kalau saya boleh melihat programnya secara lebih detail.

Best Regards,
Muhammad Kemal Jayadi

0 Kudos
Message 9 of 9
(6,551 Views)