LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

cross correlation

fff.PNG

pak saya mau betanya, ini tugas skripsi saya, saya menggunakan 16 microphone array untuk mendeteksi sudut datangnya sinyal suara.dari program yang telah saya buat, saya menggunakan cross correlasi sebanyak 24 buah. yakni sebagai berikut :

sd.PNGssd.PNG

setelah saya cari cross corelasi nya kemudian saya masukkan pada peak detector guna mengetahui amplitudo tertinggi dari sinyal. lalu saya ingin menentukan delaynya. nah, tapi saya bingung dalam membaca delay nya. sebab satuan yang dipergunakan tidak bisa saya atu. apakah dalam satuan milisekon,sekon aau nano sekon. lalu karna metode yang saya gunakan adalah delay and sum saya ingin menambah semua delay nya tapi saya juga tidak bisa, sehingga saya juga tidak bisa mengestimasi sudut datangnya suara tersebut. saya ingin sudutnya terbaca menggunakan tampilan berikut

fd.PNG

sekiranya bapak bisa membantu, saya mohon bantuannya. terimakasih

0 Kudos
Message 1 of 2
(3,233 Views)

Dear mba Sylva,

Sepertinya pertanyaannya perlu di atur kembali. Kalau itu pertanyaannya:

1. Proyek anda langsung selesai

2. Jawabannya akan panjang sekali

3. Coba dulu yang simple, jangan langsung 16 microphone array. Menggunakan 2 microphone saja sudah? dan bisa hitung delaynya? Lalu sudah ada rumus localization-nya?

Coba dispesifikkan lagi pertanyaannya. Semisalnya, saya punya signal A, B, C yang saya susun dengan jarak sekian membentuk garis, lalu saya punya sumber suara seperti ini, dan signal A, B dan C disample secara bersamaan menggunakan ADC yang sync menggunakan module NI 92XX. Bagaimana cara menghitung delaynya?

Coba baca ini dulu:

http://www.ni.com/pdf/app-note/acoustic-beamforming.pdf

https://decibel.ni.com/content/docs/DOC-29560

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2021
0 Kudos
Message 2 of 2
(3,099 Views)