LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Backprogation neural network di labview

permisi mas-mas ada yang punya example-example backpropagation neural network dilabview??atau penjelasan mengenai proses-proses pembuatan backpropagation neural network  menggunakan toolkit labview.??

0 Kudos
Message 1 of 8
(8,697 Views)
Message 2 of 8
(6,312 Views)

mas saya mau tanya, meng-onlinekan backpropagation neural network itu apakah bisa mas?soalnya kan kalo backpropagation itu kan harus mengalami proses pelatihan sama pengujian dulu.berarti kan ada ada kerumitan kalo dibuat real time?

0 Kudos
Message 3 of 8
(6,312 Views)

hmmm...

online dan real-time kan berbeda ya pak kalau dipengertian saya. Online maksudnya internet-ready, dan real-time artinya deterministic atau on-time.

Kalau fuzzy yang real-time, tidak usah kuatir, tinggal dijalankan pada OS yang real-time saja.

Kalau fuzzy online, ini yang menurut saya tidak feasible, karena online via internet tidak deterministic.

Jadi menurut saya tergantung banyaknya dan jumlah dari sample, makin banyak ya semakin lama untuk proses training dan testingnya.

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2024
0 Kudos
Message 4 of 8
(6,312 Views)

oh maaf mas ada kesalahan kata.maksud saya mengreal-timekan bukan mengonline kan.

jadi intinya identifikasi menggunakan backpropagation neural network itu tidak dapat digunakan secara real time dikarenakan ada proses pelatihan n pengujian ya mas??

soalnya saya liat dijurnal2 penelitian backpropagation neural network itu saya masih blm menemukan ada yg menggunakan backpropagation neural network untuk identifikasi real time. mungkin karena ada 2 proses itu tadi.

untuk kasus saya, saya punya sampel sinyal arus setrika  sebagai input dan output nya adalah 1, trus saya punya sampel sinyal arus dispenser sebagai input kedua maka outputnya adalah 2.disini saya proses transfer datanya ke laptop menggunakan arduino uno secara realtime. dan mau saya tampilkan dilabview. nah kalo kondisinya begitu berarti memang ga bisa menggunakan back propagation neural network secara realtime.karena ada proses pelatihan dan pengujian tadi,(kedua proses itu tadikan membutuhkan waktu) sedangkan arduino trus mengirim data. tanggapan mas gmn?

lain halnya dengan fuzzy, klo fuzzy bisa direal time kan soalnya lebih simple if then if then dst utk rulenya. jika arus 1.32 maka itu adalah setrika (ID 1). jika arus 2.1 maka itu adalah dispenser (ID 2)

0 Kudos
Message 5 of 8
(6,312 Views)

hmmm... kalau menurut saya secara sistem keduanya sama. Sama-sama perlu training. Fuzzy perlu didefine relationship antara input-output, sementara BPNN juga perlu training dari sample-sample yang ada. Jadi kalau kita taruh trainingnya dibuat offline, sebelum sistem berjalan, lalu pada saat sistem berjalan tinggal mengeksekusi algoritma saja, maka kedua sistem adalah sama.

Hal ini juga sama kalau yang ingin dilakukan adalah pada saat sistem running, sistem tetap learning dan improve algoritma secara real time, antara fuzzy dan BPNN.

Kalau sepengertian saya, dari semua sistem yang saya ketemu di industri, sangat dibedakan antara sistem yang untuk "training" dan "running". Artinya, kita mengajari dulu sistem pada awal-awal lalu membiarkan dia run dari hasil training sebelumnya. Dan sistem ini tidak learning-by-doing.

Kalau pak Koko mau system yang learning-by-doing, maka saran saya jangan ada transfer data dari Arduino ke PC, karena jumlah sample yang diambil dan kecepatan proses tidak akan mumpuni. Semua proses harus dilakukan di Arduino.

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2024
0 Kudos
Message 6 of 8
(6,312 Views)

Salam Hormat Pak Wisnu dan kawan2 lainnya..

Saya adalah pengguna baru di dunia Labview. saya sedang mempelajari ANN pada Labview  untuk digunakan pada aplikasi penghematan energi sebuah gedung/ruangan. Tujuan yang saya harapkan dapat mengestimasi sebuah hasil dimana ANN bisa mempelajari dari input dan output yang saya train. Detailnya : saya akan memasukan data input temperatur sekitar, banyaknya orang dalam ruangan, dan Cooling load hasil simuasi sembuah program. Nah, mohon kiranya diberika pencerahan bagaimana saya membentuk diagram ANN pada VI dengan input2 seperti diatas.

terima kasih,

salam,

Haolia

0 Kudos
Message 7 of 8
(6,312 Views)

1. Saya menggunakan BPNN untuk OCR adakah referensi khusus pak?

2. Sebelumnya sudah bisa dan sudah dapat merecognize karakternya(belum menggunakan BPNN hanya recognize dari fungsi OCRnya saja), tp beberapa minggu kemudian ROI nya berubah sudah tidak merecognize karakter, Rectangle dari ROI tidak beraturan. kenapa bisa terjadi seperti itu pak? terimakasih, mohon sangat bantuannya

0 Kudos
Message 8 of 8
(6,204 Views)