LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

ASK HELP !!

salam kenal, saya mahasiswa tingkat akhir, saya mempunyai proyek tugas akhir mengenai color pattern matching. Yang ingin tanyakan adalah :

1. Bagaimana membuka template tetapi bukan dari folder di komputer, melainkan saya ingin display image out nya dapat terhubung langsung dari webcam

2. Jika kita menggunakan vision assistant untuk mengambil template kenapa object tracking yang dapat diambil hanya bentuk kotak? apakah ada cara untuk mengubah bentuk kotak tersebut menjadi bentuk free-form (bebas) untuk mengambil template yang bentuknya tidak beraturan.

terima kasih, mohon pencerahannya...

0 Kudos
Message 1 of 6
(4,721 Views)

1. bisa saja. masalah image dari file atau dari kamera langsung tidak masalah. kan ada dua fungsi:

     - IMAQ read file

     - IMAQ Snap

tinggal ditukar saja selesai masalah.

2. kenapa? karena itu limitasi dari Vision Assistant. Kalau ingin lebih banyak features, pakai Low Level VIs. Buka Vision and Motion>>Machine Vision>>Searching and Matching, ada sederet low level VIs untuk match pattern yang mana, template image bisa dipakai selain rectangular. Akan tetapi perlu dipahami, kebanyakan fungsi machine vision hanya dapat menggunakan rectangular ROIs (Region of Interests), karena memang ini limitasi dari rectangular. Tapi kalau pattern match, bisa macem2 kok, karena saya sendiri sudah coba.

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2024
0 Kudos
Message 2 of 6
(3,920 Views)

oh gitu ya mas,,kalau pattern match yang mas maksud itu programnya seperti apa ya?? bisa minta referensinya tidak mas? soalnya saya masih pemula,,hehehe

0 Kudos
Message 3 of 6
(3,920 Views)

Halo Dessy,

Saya add-on ke jawaban Krisna ya:

1. Gambar dari webcam umumnya dikirim lewat USB melalui DirectShow API, interface software buatan Microsoft. Untuk membaca dari DirectShow ke LabVIEW, anda perlu pakai function di NI IMAQdx, bukan IMAQ. Kalau di Vision Assistant, tinggal pilih Acquire Image (1394, GigE, USB). Pastikan dulu bahwa kameranya terbaca di NI MAX.

2. Ada example di [Lokasi folder LabVIEW di PC anda]\examples\Vision\2. Functions\Color Pattern Matching. VI ini awalnya hanya menerima template kotak, tapi bisa diubah ke freeform dengan sedikit edit di bawah.

- Di front panel, klik kanan ROI Tools di sebelah kiri atas Image control .ROI Tool.jpg

- Pilih Visible Items >> ROI Tools Button Visibility. Kemudian centang di tool yang ingin dipakai. Nanti tool jadi bisa dipakai saat memilih template.

- Run VI. Ikuti instruksinya.

Coding di contoh ini kurang jelas membacanya karena dia pakai stacked sequence structure. Kalau dicontoh jangan pakai struktur itu ya.

Seperti yang dikatakan Krisna, walaupun template yang dipilih bentuknya bukan kotak, data image-nya di LabVIEW tetap tersimpan sebagai kotak, namun berisi gambar template-nya dengan sisa area-nya diberi kode tertentu yang saat diproses akan diabaikan. Ibaratnya, frame-nya selalu kotak walaupun fotonya sendiri bisa berbentuk apapun.

Kenapa kotak? Karena ini bentuk yang paling mudah untuk diproses oleh komputer dan desain algoritmnya juga jadi lebih simpel. Oleh karena itu pixel di komputer selalu little square, padahal di ranah lain belum tentu begitu. Kalau ingin tahu lebih jauh, silahkan baca artikel menarik ini dari Alvy Ray, pionir bidang Computer Graphics dan co-founder Pixar.

Semoga membantu.

Message 4 of 6
(3,920 Views)

helo..sy juga pelajar tahun akhir dan punya project yg sm..masalah sy skrg, di mana boleh sy download ni-imaq for usb camera?sudah berkali2 sy coba namun hasilnya cuma user guide..how to acquire image from camera?pls pls pls...i realy need help..d mna lagi harus sy refer?

0 Kudos
Message 5 of 6
(3,920 Views)

Mbak Zety,

Refer ke post saya di thread terpisah yang Mbak buat ya.

Salam,

Yodha

NI Singapore

0 Kudos
Message 6 of 6
(3,920 Views)