LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Bagaimana mengkomunikasikan PAC Adam 5510 ekw/tp dengan lebview

Help, sy lagi ngerjain tugas akhir tentang automatic tank gauge yg di dalemnya pake PAC dari Advantech tipe Adam 5510 ekw/tp. rencananya mau bikin sistem kontrol dan monitoring ATG menggunakan labview via ethernet modbus. adakah yg pernah membuat projek serupa??

di manual dari Advantech disebutkan kalo kita bisa pake OPC tp sy kurang begitu paham, ada yg bisa membantu menjelaskan?

Sy lampirkan manual dari Advantech untuk Adam 5510 ekw/tp. Mohon bantuannya ^^

0 Kudos
Message 1 of 5
(5,204 Views)

Halo,

Sebelumnya boleh kami tahu nama & alamat emailnya? sebagai catatan di database kami untuk referensi kedepannya.

Mengenai pertanyaannya,

Saya sudah baca manual datasheet dari ADAM 5510EKW yang dilampirkan. Informasinya cukup lengkap dan ada banyak pilihan komunikasi untuk interface nya. Kalau mau pakai OPC server berarti anda langsung menggunakan library protocol yang sudah tersedia. Coba dibaca disini dulu http://www.ni.com/opc/

Dari National Instrument, kita juga punya library sendiri, NI OPC server. Tapi saya sarankan kalau anda mahasiswa, lebih baik langsung saja interface dengan device nya menggunakan modbus protocol. Berdasarkan manualnya, kita bisa menggunakan modbus slave serial protocol dan modbus ethernet. Coba refer ke section 5. Mapping Address untuk I/O nya juga sudah disediakan.

Btw, apakah anda familiar dengan komunikasi modbus? Kalau belum silakan dibaca dulu postingan2 mengenai modbus yang ada di forum ini sebelumnya, atau ada banyak juga tutorial mengenai modbus yang tersedia di google atau website ni.com

Untuk komunikasi modbus ini, anda membutuhkan NI Modbus Library, ini adalah sekumpulan VI modbus interface yang sudah dibundle menjadi sebuah library, dan dapat didownload secara percuma. Saya sudah pernah upload file modbus toolkit ini di postingan saya sebelumnya. Silakan dicek.

Saya sarakan untuk menggunakan modbus ethernet karena lebih mudah. Cukup masukkan IP address yang sesuai, Device ID, dan mapping address untuk I/O nya, maka seharusnya sudah bisa didapat datanya.

Regards,

Bian

Message 2 of 5
(3,680 Views)

kenalin nama sy hanum

email: hanumpe@gmail.com

ini kak bian yg waktu itu ngisi workshop labview d itb bukan??

sy ngerjain ta ini kan berdua, nah kita emg fokus pake ethernet modbus, yaa walopun masi baru belajar jg sih ttg modbus, kemarin itu uda smpe tahapan dapet ip dr pac nya untuk nge run modbus driver dkk nya.. ATG yang kita pake kebetulan ATG yg nantinya bakal dipake untuk pembelajaran di Balai Diklat Metrologi milik Kementrian Perdagangan, dan emg sempet diminta coba pake OPC tp masih sama sekali gangerti kalo pake OPC itu gimana. bbrp waktu yg lalu sempet PM kak wisnu tp krn kita masih stuck di PAC nya. tapi kalo IP udah dapet tp entah karena software multiprog nya kelewat baru makanya jd gabisa ngambil data.

Terimakasih untuk penjelasannya, membantu sekali

0 Kudos
Message 3 of 5
(3,680 Views)

oiya untuk modbus librarynya jg udah didownload, kebetulan waktu tanya kak wisnu jg dikasih link. tapi baru sekedar didownload krn masih blm ngerti apa yg harus dikerjain selanjutnya. maish blm ngerti pemrograman di labview nya akan seperti apa. barangkali ada yg pernah mengerjakan projek serupa??

0 Kudos
Message 4 of 5
(3,680 Views)

Halo Hanum,

Iya betul, saya yang waktu itu mengisi workshop di Teknik Fisika ITB. Salam Kenal

Saya sendiri sebenarnya belum pernah coba komunikasi langsung dengan PAC ADAM 5510EKW, namun sudah pernah mencoba komunikasi dengan beberapa hardware lain via modbus protocol.

Dari National Instruments, kami mempunyai hardware PAC sendiri, yaitu CompactRIO.

Saya pernah upload contoh komunikasi PLC via modbus serial protocol di postingan saya yang lama, mungkin bisa dicek.

Jadi di dalam modbus library tersebut ada banyak VI yang dapat digunakan. Tiga komponen utamanya adalah Init, Read, dan Close. Gunakanlah yg Modbus Ethernet. Coba refer ke project file yang pernah saya upload. Saya harap cukup jelas disitu.

Regards,

Bian

0 Kudos
Message 5 of 5
(3,680 Views)