LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

HC SR04 dan Motor Servo

Mohon untuk bantuannya, saya sudah membuat program untuk untuk sensor HC SR04 dan Motor Servo MG995 memalui FPGA pada NI myRIO dan program tersebut telah bekerja. Dalam program tersebut saya ingin motor servo berputar jika jarak sesuai yang telah di tentukan dan beputar ke posisi awal jika jarak tidak sesuai.

Masalahnya kenapa jika ketika sudah sesuai jarak yang di inginkan dan memutar servo, sensor jadi tidak stabil dan berpengaruh ke perputaran servo. Jika tidak menggunakan servo, jarak yang terbaca stabil.

 

 

Pertanyaan dari saya apakah masalah tersebut karena tegangan input power sensor dan servo drop?

Dan bagaimana jika menggunakan input power external? Semenara td saya coba memberikan power exernal ke servo dan sensor malah yg terjadi tidak bekerja sama sekali.

 

Terimakasih

Download All
0 Kudos
Message 1 of 3
(3,377 Views)

Hai Mas Yudi

Setahu saya Perlu diperhatikan arus yg dikeluarkan pin myRIO, myRIO bekerja pada level 3,3v dengan buffer sampai 5V dengan arus kecil (saya lupa tepatnya) dan servo memerlukan arus yg cukup besar , ketika memakai fpga, kecepatan respon pin akan dilipatgandakan sehingga dapat terjadi dropping arus mas, saran saya gunakan power eksternal dengan regulator seperti UBEC. Jangan lupa untuk menyatukan semua ground power baik servo maupun myRIO, karena pembandingan PWM pada myRIO merupakan common ground

 

Thanks 😄

Message 2 of 3
(3,306 Views)

Terimaksih mas septyawan sudah mau membalas..

Benar kata mas, saya sudah coba menggunakan power external dan hasilnya bagus.

 

 

 

0 Kudos
Message 3 of 3
(3,302 Views)