From 11:00 PM CDT Friday, May 10 – 02:30 PM CDT Saturday, May 11 (04:00 AM UTC – 07:30 PM UTC), ni.com will undergo system upgrades that may result in temporary service interruption.

We appreciate your patience as we improve our online experience.

LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Komunikasi Oskiloskop dengan LabView

Salam Kenal

Senang sekali bisa gabung di group ini,

Saya adalah pemula dalam menggunakan LabVIEW, saya sedang mengerjakan tugas Akhir dan minta bantuanya untuk bisa memberikan bimbingan dan saranya untuk program yang akan saya buat.

Penelitian saya tentang pengukuran partial discharge pada alat tegangan tinggi dengan menggunakan alat ukur tertentu (RC detector, beberapa sensor lainya) yang ditampilkan ke dalam oskiloskop berupa signal kemudian di komunikasikan ke PC (menggunakan LabView). Ada beberapa hal yang ingin saya diskusikan.

1. Bagaimana cara mengkomunikasikan dari oskiloskop ke labview tersebut. (oskiloskop yang saya pake adalah TDS 2022b tetronix), apakah saya harus mencari source interface oskiloskop tersebut sebagai DAQ? bagaiamana caranya?

2. Dalam program labview yg akan saya buat, saya ingin merecord/mencapture signal input serta signal partial discharge (PD) yang terjadi, dengan cara menentukan pengukuran selama 1 jam dan merecord signal setiap 10 menit/sekali.. pertanyaanya bagaimana cara merecord dan mencapture  signal tersebut?

3. setelah mendapatkan data dan gambar signal, kemudian akan saya olah data sehingga mendapatkan psi-q-n, dimana psi itu adalah sudut phasa pada PD, q adalah muatan pulsa PD, dan n jumlah pulsa PD?

segitu dulu pertanyaanya

maaf kalau banyak sekali pertanyaanya..

0 Kudos
Message 1 of 7
(7,947 Views)

Halo Dwinur,

Saya coba bantu ya perihal komunikasi TDS2022B ke LabVIEW. Setelah ini bisa, baru lanjut ke pemrograman di LabVIEW-nya.

Untuk komunikasi ke suatu instrument, anda perlu Instrument Driver-nya, yang berfungsi sebagai 'penerjemah' antara LabVIEW dengan software di instrument tersebut.

Ini bisa di-download gratis di website NI: http://sine.ni.com/apps/utf8/niid_web_display.model_page?p_model_id=9080. Ke depannya jika perlu driver untuk instrument NI atau vendor lain, bisa coba cari di ni.com/driver

Cara memakai instrument driver di LabVIEW, silahkan baca di tutorial Instrument Control dari NI: http://www.ni.com/white-paper/4376/en dan juga video-nya di http://indonesia.ni.com/labviewlearningcenter/instrumentcontrol

Biasanya di dalam paket driver-nya juga ada contoh aplikasi dalam LabVIEW, jadi anda bisa tes apakah komunikasinya sudah benar. Anda juga bisa mengembangkan programming dari contoh tersebut ke aplikasi yang diinginkan.

Semoga membantu.

Yodha

Internal Sales Engineer

NI Indonesia

Message 2 of 7
(5,257 Views)

Terimakasih Pa Yodha,

Saya sudah download dan segera install intsrument driver tersebut..

0 Kudos
Message 3 of 7
(5,257 Views)

Dear Pa Yodha,

Bagaimana dengan pertanyaan kedua dan ketiga saya? buth pencerahan,...

terimkasih

0 Kudos
Message 4 of 7
(5,257 Views)

Selamat Siang,

Driver Tektronix nya sudah diinstall ya, lalu apakah benar sudah terbaca di LabVIEW anda? Kalau sudah diikuti langkah instalasinya dgn benar, nanti akan muncul API instrument driver nya di LabVIEW.

Tentang cara penggunaannya, tutorial yang dipost oleh Pak Yodha sudah dipelajari belum? Disitu ada langkah2nya dgn detail. Jadi ada beberapa set instrument driver VI yang nanti akan dirangkaikan di block diagram LabVIEW nya. Ada initialize, read measurement, configuration, close, dll. Coba lihat juga link yang ini http://www.ni.com/white-paper/2804/en

Ada juga contoh-contoh block diagram yang bisa digunakan di LabVIEW example (Go to Help --> Find Example)

Regards,

Bian

0 Kudos
Message 5 of 7
(5,257 Views)

Selamat Sore Pa Bian,

Saya sudah menginstall instrument drivernya. Yang saya belum temukan adalah bagaimana cara untuk mendapatkan data dari signal secara periodik, contohnya dalam 1 jam percobaan saya dapatkan 10 data (dengan waktu jeda 6 menit/data)? bisa minta contoh untuk hal tersebut.. thanks

0 Kudos
Message 6 of 7
(5,257 Views)

Halo,

Di instrument driver yang kemarin sudah ada contohnya kan? Saya lihat ada yang continuous acquisition waveform. Jadi prinsipnya VI yang digunakan untuk acquire data nya (fetch waveform.vi) diletakkan dalam sebuah while loop. Untuk periodik pengambilan datanya nanti disesuaikan saja dengan menggunakan timing delay. Misalnya pengambilan data tiap 10 detik, jadi tinggal diset di timing delay dengan jeda waktu 10 s.

Regards,

Bian

0 Kudos
Message 7 of 7
(5,257 Views)