LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Labview sebagai penampil pengukuran tebal bahan

Maaf Bapak2 sekalian, saya mau meminta pencerahan karena saya masih sangat amatiran sekali belajar labview.

Saya mengalami kesulitan membuat program penampil TA. Ta saya mengenai otomasi pengukuran tebal bahan. Untuk komunikasi serial dari mikro ke PC, saya menggunakan FTDI -USB to Serial TTL (untuk ini saya sudah bisa). Yang saya bingung, bagaimana caranya mengambil data dari komunikasi serial tersebut untuk kemudian dimasukkan dalam tabel dan diplot pada grafik secara terus menerus. Mohon bantuannya. Terimakasih

Coba perhatikan dulu revisi berikut dari saya dek.

0 Kudos
Message 1 of 8
(6,354 Views)

Selamat datang dek Winansi. Saya punya contoh program untuk memilah dan mengolah data yang dikirim dari AVR8535 melalui serial RS232. Mungkin bisa menjadi referensi untuk masalah anda. Port B sebagai Digital Input, Port C sebagai Digital Output, dan Port A sebagai input analog 8 bit dengan tegangan maksimum 5V.

ADC DIO AVR8535 1.jpgAVR8535 DIO ADC 2.jpg

0 Kudos
Message 2 of 8
(4,616 Views)

Nambahin Pak Endang saja, komunikasi RS232 di dalam LabVIEW itu memakai VISA drivers.

1. Buka NI Example Finder, cari Basic Serial Read and Write

2. Karena Serial itu datanya ASCII, maka akan terbaca sebagai STRING, di convert aja ke NUMERIC terus disambung ke Waveform Chart.

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2024
0 Kudos
Message 3 of 8
(4,616 Views)

Thanks mas Krishna, betul. Tinggal dari data numerik masuk ke VI Signal Manipulation lalu masuk ke indikator Waveform Chart. Dah dicoba belum Winansi ?

0 Kudos
Message 4 of 8
(4,616 Views)

Maav pak,, bukan begitu yang saya maksud. Begini,, data yg berasal dari serial itu mau saya masukin di tabel dulu,, kemudian baru diplot grafik,, tapi data2nya gag pernah mau masuk ke tabel. Sya juga kurang tau pak, bagian mana yang salah. Berikut saya lampirkan program saya. Yg program tampilan.vi itu yang sudah connent ke serial,, tapi saya biasanya nyoba2 pake yang random.vi pak.

Download All
0 Kudos
Message 5 of 8
(4,616 Views)

maav, program sub vi-nya ketinggalan

Download All
0 Kudos
Message 6 of 8
(4,616 Views)

Setelah membaca program anda sepertinya tidak akan bekerja dengan baik, beberapa kesalahan adalah:

  1. Inisialisasi Visanya belum lengkap (baud rate, data bit, parity, stop bit) belum ada, jika kebetulan parameter sama dengan default Visa Labview mungkin tidak masalah, saran saya sebaiknya diinisial biar pasti.
  2. Program ini akan membaca data dari Interface cuma satu akli saja, ketika baru Run karena subvi VISA Readnya berada diluar loop,
  3. Jumlah data yang dibaca dari buffer berapa byte? (character length berapa byte ?)
  4. Data string yang yang terbaca tidak ter-extrac dengan benar maksudnya String Subset belum dipisahkan dengan benar mana data, mana header, silakan anda kirimkan format datanya nati akan saya akan coba bantu
  5. Data yang diterima belum dalam bentuk Array sehingga tidak akan terdisplay digrafik maupun tabel.
  6. Algoritma untuk prosedure kalibrasi seperti apa? rumusnya seperti apa? kalau saya lihat anda melakukan perhitungan forloop sebanyak selisih data max-min ini belum tentu mewakili panjang array
  7. kalau saya boleh tahu Interfacenya apa

Silakan anda kirimkan:

  • format datanya (tandai mana bagian header, dan data)
  • rumusan kalibarsi,
  • rumus untuk konversi ke thickness,

nati akan saya coba bantu

0 Kudos
Message 7 of 8
(4,616 Views)

Wah topiknya menarik nih pak Irsal, mirip2 yang kita bahas waktu itu

nambahin aja ke winansi:

1. Di dalam code nya kasih komentar ya, pusing juga melihat kabel nya banyak tapi tidak ada komentar. Komentar itu "free text" untuk menjelaskan, fungsi blok ini apa, data apa yang ada di kabel ini, dan seterusnya.

2. Daripada mempost seluruh code nya, coba masalahnya dibuat simple. LabVIEW itu kan sebaiknya dibuat modular, artinya satu blok itu berfungsi dengan satu tujuan. Kalau di code anda ada:

     - satu blok initialize Serial, satu blok read Serial, dan satu blok close Serial

     - satu blok untuk data log ke dalam file   

nah alangkah baiknya, kalau ada satu blok yang bertugas, konversi data dari Serial menjadi output ke graph atau table. Coba masalahnya di simplify dulu, misalnya datanya di simulasikan dulu, di remove aja blok Serialnya, jadi rekan rekan disini juga bisa run code nya.

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2024
0 Kudos
Message 8 of 8
(4,616 Views)