LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Tanya NI 9505

Salam kenal buat admin n temen2 semua

Perkenalkan saya Sepri, baru di bidang kontrol maupun labview. Saya rencananya mau pakai NI 9505 utk mengontrol motor dc.Yang ingin saya tanyakan:

1. Apakah Motor driver NI 9505 bisa untuk mengontrol motor dc buatan china (spec lengkapnya pada link berikut   http://leisonmotor.en.made-in-china.com/product/hojERBeHnvUL/China-90W-24V-90V-High-Torque-DC-Geared... )

2. Jika bisa apakah harus membeli CompactRIO komplit untuk bisa mengontrol motor dc tsb? (saya cek harga CRIO komplit $ 9,393 atau sekitar Rp.100       jutaan. Harga yang sangat mahal utk ukuran mahasiswa..)


3. Ada g alternatif lain yang lebih terjangkau utk bisa mengontrol motor dc tsb. Misalnya yang buatan china

Mohon pencerahan dari para master semua..

0 Kudos
Message 1 of 6
(6,793 Views)

Anda mau buat aplikasi apa dengan motor?

CompactRIO itu bisa dibilang open-platform untuk control-system pada motor. Kalau aplikasi anda cuma velocity control, saya rasa ga usah pakai cRIO. cRIO itu dipakai untuk advanced control-system, karena kita bisa oprek coding ke dalam Driver-nya, jadi cocok untuk aplikasi seperti, balancing system.

Kalau cuma Velocity Control, sampeyan kontrol DC Motornya pakai PWM saja, kontrol Duty Cycle, hardware yang dibutuhkan:

1. DAQ atau Hardware yang bisa PWM output. Ini bisa macem-macem, kalau pakai NI:

- Hardware yang punya Counter Output: NI myDAQ (1 PWM saja), NI USB 6210 (2 PWM saja), NI USB 6341 (12 PWM saja)

- Hardware yang punya DIO hardware-clocked: NI myRIO (banyak PWM), NI sbRIO (sangat banyak PWM), NI cRIO (sangat sangat banyak PWM)

2. Motor Driver dengan PWM input: Daripada barang cina, saya rekomendasi barang Indonesia saja, affordable kok:

http://www.innovativeelectronics.com/innovative_electronics/pro_ems_30a_h-bridge.htm

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2024
0 Kudos
Message 2 of 6
(4,650 Views)

Krisna udah memberikan clue nya yang jelas, tinggal anda menceritakan applikasinya untuk apa, karena bisa menentukan apakah diperlukan NI 9505 atau menggunakan DC driver di luar NI, selain itu PC based atau Embedded yang diperlukan.

0 Kudos
Message 3 of 6
(4,650 Views)

Terima kasih mas atas pencerahannya. Terus terang saya awam dlm bidang kontrol ini, karena itu masukan teman2 sangat saya butuhkan utk menyelesaikan tesis saya. Foto berikut  adalah robot paralel 3 derajat kebebasan. Yang mau dikontrol adalah perputaran sudut motor tsb. Program yang digunakan rencananya labview. Awalnya saya mau menggunakan arduino utk programnya (walaupun baru coba2 jg..:) tetapi pembimbing mengarahkan utk menggunakan labview. Utk tahap awal saya mencari informasi apakah NI 9505 bisa digunakan sebagai  driver motor dc buatan china. Selain itu juga akan menggunakan sensor untuk mengetahui  apakah ada perubahan pusat putar.

Mohon masukannya. Trims

foto robot.png

0 Kudos
Message 4 of 6
(4,650 Views)

Menarik, seperti robotic arm dan IK (inverse kinematic)? Selain LabVIEW jangan lupa juga pakai add-on LabVIEW Robotics, sudah ada engine untuk robotic simulator dan algoritma IK.

NI 9505 itu sudah direct drive ke DC Motor, tidak perlu lagi pakai Driver Motor DC buatan China. Kalau maksud anda ngedrive Motor DC buatan China, ya selama dalam spesifikasi NI 9505 harusnya tidak masalah:

30 Volt

5 Ampere

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2024
0 Kudos
Message 5 of 6
(4,650 Views)

Iya mas menggunakan invers kinematik. Aplikasinya bisa sebagai meja kerja atau sebagai dudukan pahat. Sebenarnya saya masih bingung mau pilih yang mana utk mengontrol motr tsb, krn basic saya ttg kontrol sangat kurang. Khawatir salah beli nantinya. Saya sudah coba email mas Yasrof & telp juga, tapi sepertinya beliau sangat sibuk. Saya minta tolong utk dikirimkan penawaran dari NI,kalau bisa dengan motornya juga masing-masing 3 unit. Lebih baik lagi kalau bisa dlm waktu dekat ini karena penelitian saya belum bisa dimulai sebelum alatnya ada. Untuk selanjutnya mungkin komunikasi kita bisa via email saja.

Terima kasih sebelumnya

0 Kudos
Message 6 of 6
(4,650 Views)