LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Visualisasi Uji Tarik (TA)

Mohon bantuannya master", kebetulan saya masih pemula dan awam menggunakan software labview.  Skripsi saya tentang visualisasi mesin uji tarik yang terintegrasi ke PC hasilnya. Sejauh ini saya sudah buat mikrokontroler berbasis atmega 8 sebagai interface mesin uji tarik ke PC, dengan konsep mikrokontroler embedded system yang mampu menangkap karakter yang ditampilkan mesin uji tarik(LCD 2x16), semacam capture LCD teks mesin uji tarik dan ditampilkan karakternya ke PC. Jadi logikanya setiap karakter yang ditampilkan di LCD di terima semua datanya dalam bentuk karakter dan dikirim ke PC, dan karakter tersebut diproses menjadi sebuah tampilan grafik seperti dibawah ini.

Software.jpg

bentuk visualisasinya seperti ini

sejauh ini proses capture LCDnya berhasil, yg jadi pertanyaan saya =

1. Apa dari setiap karakter yang dikirim tersebut bisa diterima pada labview menjadi bentuk karakter yang rapih seperti LCD 2x16? (semacam LCD emulator) mengingat data yang diterima per bit dari karakter seperti ini. 

Copas.JPG

2. Kemungkinan setelah data dapat ditampilkan sesuai tampilan LCD emulator, apa data karakter angkanya dapat diparsing nantinya ke dalam bentuk grafik?

mohon pencerahan master-master labview. 

0 Kudos
Message 1 of 13
(9,218 Views)

Halo Mas Andi,

Saya kurang ngerti maksud pertanyaannya. Mungkin bisa diberi contoh kasusnya dari awal sampai akhir? Misal mesin uji tarik kirim data apa, lalu ditangkap mikro jadi apa bentuknya, kemudian dikirim ke LabVIEW di PC dan ditampilkan sebagai apa hasilnya.

Kalau dari yang saya mengerti sekarang, sepertinya hanya manipulasi string di LabVIEW saja. Apakah komunikasi antara mikro dengan LabVIEW memakai serial? Jika iya, berarti kan diterima di LabVIEW sebagai rentetan string dan kita hanya perlu memikirkan bagaimana memanipulasi string ini supaya tampilannya seperti yang kita inginkan.

Ditunggu klarifikasinya ya.

Salam,

Yodha

NI Singapore

0 Kudos
Message 2 of 13
(6,504 Views)

Salam mas Yodha

NI Singapore

Sebelumnya maav mas Yodha saya masih belum begitu mengerti masalah labview, akan tetapi saya mw coba software ini sebagai pendukung skripsi saya.

Kurang lebih sederhananya tergambar dalam blok diagram mas yodha.

Diagram.JPG

Note :

1. Karakter yang ditampilkan LCD, berupa angka dan karakter huruf.

2. Saat Mesin Uji tarik dihidupkan terdapat menu yang pengguna harus menginputkan data parameter angka

3. Eksekusi atau pengujian uji tarik (selama pengujian menampilkan karakter angka beban(F) pada baris pertama LCD dan pertambahan panjang(Lx) pada baris kedua LCD. 

Jadi yang saya capture merupakan karakter yang ditampilkan LCD 2x16 mesin uji tarik, sehingga mikrokontroler(Kit Capture LCD teks) membaca setiap logika LCD yang kemudian diterjemahkan menjadi karakter baik berupa angka dan huruf yang ditampilkan Mesin Uji tarik(semacam dibaca karakternya, ditulis karakternya lalu dikirim melalui UART), selanjutnya mikro mengirim karakter-karakter tersebut melalui serial ke PC dan di PC dalam RFInterm menampilkan karakter setalah itu mampu menghasilkan grafik antara tegangan dan regangan.

Sejauh ini karakter yang diterima pada PC dalam bentuk per bit karakter, sehingga karakter yang ditampilkan tidak utuh sesuai yang di capture. Artinya setiap logika "perintah" dan "karakternya" semua ikut ditampilkan (hasil capture bisa dilihat pada lampiran pertama postingan saya mas).

Pertanyaan saya, bagaimana karakter yang diterima PC bisa sama dengan tampilan karakter mesin uji tariknya? Dengan cara mengabaikan karakter yang tidak sesuai. Jadi seperti labview menerima data karakter secara serial, kemudian data tersebut mampu di tampilkan dalam virtual LCD, dengan maksud virtual LCD tersebut memilah karakter yang tidak sesuai dengan yang ditampilkan mesin uji tarik.

Setelah hasil virtual LCD mampu memilah dan hasilnya sama dengan mesin uji tarik, apa bisa selanjutnya membaca kondisi mesin uji tarik saat ingin mengeksekusi atau pengujian dan nantinya hasil akhir mampu menampilkan grafik secara real time?

Maav mas jika pertanyaanya atau pernyataannya membingungkan dan terlalu panjang.

semoga mas yodha bisa membantu kesulitan saya

0 Kudos
Message 3 of 13
(6,504 Views)

Halo Mas Andi,

Berarti bener pengertian saya tadi ya. Kalau begitu jawaban singkatnya, LabVIEW bisa melakukan semua yang diinginkan di atas, namun Mas perlu tahu persis format dari output-nya LCD agar bisa ekstrak data yang dicari.

Pertama-tama, program LabVIEW untuk baca serial port. Tutorial lengkapnya silahkan baca di link ini, dan coba juga contoh kodenya di LabVIEW >> Help >> Find Example >> Hardware Input and Output >> Serial. Nantinya yang terbaca LabVIEW berupa rentetan string seperti yang muncul di gambar RFInterm.

Setelah dapat string-nya, Mas perlu decode. Untuk itu kita perlu tahu persis formatnya, atau bisa ditebak-tebak jika polanya jelas. Misal, saya lihat ada banyak 0A dan 0D di antara karakter yang diinginkan, jadi tebakan saya itu hanya untuk display LCD dan tidak diperlukan di aplikasi kita. Kemudian, data yang diinginkan biasanya berada di belakang unitnya (misal kgf), jadi kita scan cari angka di belakang kgf. Di bawah ini contoh VI yang saya buat sebagai gambaran.

2013-09-30 Decode LCD Data.png

Berikut screenshot hasilnya untuk beberapa line yang saya ambil dari gambar RFInterm pertama di lampiran data capture.docx (post pertama). Input-nya hanya simulasi saja ya, bukan dari serial port.

2013-09-30 Front Panel.jpg

VI-nya terlampir, tapi ini pakai LabVIEW 2013 ya. Kalau mau versi sebelumnya tolong kabari (asal tidak terlalu jauh ke belakang). Untuk belajar LabVIEW silahkan download di ni.com/labview (versi evaluasi) lalu baca tutorialnya.

Jika sudah dapat datanya, tinggal desain kodenya agar jadi continuous dengan memakai loop sehingga bisa ditampilkan datanya ke grafik secara real-time.

Silahkan dicoba langkah di atas satu-persatu dari awal. Bagian yang tricky menurut saya adalah di decoding datanya, karena saya tidak bisa lihat jelas formatnya. Mungkin kalau dibandingkan dengan yang muncul di LCD aslinya, bisa terlihat polanya.

Semoga membantu ya.

Salam,

Yodha

NI Singapore

0 Kudos
Message 4 of 13
(6,504 Views)

Halo Mas Yodha

Alhamdulillah penjelasannya sangat membantu dan jelas mas, oke deh saya coba dulu step by stepnya. Kalau nanti dirasa mentok saya nanya ke mas yodha lg mungkin, semoga ga keberatan.

Oia mas, kebetulan punya versi labview 2009, pas dibuka ga bisa mas. bedanya dimana mas antara 2009 sama 2013 kalo segi blok n designnya sama?

labview1.JPG

Thnx mas yodha,

salam,

andi

0 Kudos
Message 5 of 13
(6,504 Views)

oia mas yodha, saya punya versi labview yang 2009, kalo ga keberatan saya minta yang versi 2009, ga bisa dibuka soalnya mas karna beda versi.

Thnx mas yodha,

salam,

andi

0 Kudos
Message 6 of 13
(6,504 Views)

Halo Mas Andi,

Terlampir VI-nya versi 2009. Saya ganti komponen front panel-nya ke yang compatible dengan versi 2009. Selain itu, kodenya saya ubah sedikit agar simulasi input-nya lebih mirip ke tipe data yang akan Mas dapat dari serial port (rentetan string). Sebelumnya saya buat pakai integer, jadi kurang realistis.

2013-10-02 Front Panel (Improved).jpg

2013-10-02 Decode LCD Data (Improved).png

Versi 2009 dengan 2013 tidak jauh beda. Seharusnya tidak masalah. Kalau mau baca detilnya bisa lihat di Release Notes setiap versi LabVIEW.

Semoga sukses ya.

Salam,

Yodha

NI Singapore

0 Kudos
Message 7 of 13
(6,504 Views)

Terima kasih mas yodha, sangat membantu sekali penjelasannya.

Saya mau tanya lg ni mas, dan rasanya nanti saya bakal nanya terus ke mas yodha untuk kelancaran skripsi saya nantinya. Semoga ga keberatan menjawab n memberi informasi. Saya sudah buat komunikasi baca serial portnya, yang saya tanyakan agar datanya bisa langsung terbaca antara hex dan karakternya mana yg harus di koneksikan ya?

serial.JPGserial1.JPG

Saya pasang while loop di VI yg mas yodha kasih dan saya komunikasikan baca serial port untuk mikrokontrolernya.

Sekali lagi sorry mas saya nanya lagi nih.

Salam.

andi.

0 Kudos
Message 8 of 13
(6,504 Views)

Jawabannya gampang kok Mas Andi, dimengerti dulu aja VI-nya, pasti ketemu. Baca fungsi dan terminal setiap bloknya sambil lihat Context Help (Ctrl + h). Kalo mau detil lagi, klik 'Detailed Help' di window-nya Context Help.

Karena ini untuk TA jadi sebaiknya coba-coba sendiri dulu, jadi belajarnya maksimal

Untuk belajar LabVIEW, link ke tutorialnya ada di post saya yang kedua.

Sukses TA-nya.

Yodha

NI Singapore

0 Kudos
Message 9 of 13
(6,504 Views)

Sebaiknya dicoba simulasi dulu dengan Proteuse untuk bagian microsystem-nya, lalu komunikasikan dgn LabVIEW melalui Virtual serial ports. Goodluck !!

0 Kudos
Message 10 of 13
(6,504 Views)