LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

[ask] NI dashboard ipad

saya mau tanya nih:

1. NI dashboard bisa dijadikan interface kontrol dan monitoring tidak ya?.

2. Ni dashboard yang saya tahu harus dipairing terhadap sebuah pc jika pc tersbut saya matikan apa saya tetap bisa mengontrol dan memontoring?.

3. jika bisa apa saya harus mengintegrasikan interface yang saya buat ke web server agar bisa mengontrol atau memonitoring di ni dashboard ipad tanpa mepairiing pc?.

0 Kudos
Message 1 of 4
(4,128 Views)

Halo burnsky,

Sebelum lanjut ke jawabannya, baiknya saya perjelas dulu bagaimana NI Dashboard bekerja. Pada dasarnya, ada dua cara untuk komunikasi dengan NI Dashboard, seperti yang dijelaskan di artikel Getting Started:

1. Network-Published Shared Variable

Ini cara yang lebih simpel dan mudah, tidak perlu banyak programming. Shared Variable ini adalah built-in feature di LabVIEW untuk share data antar loop, VI, dan target (lewat network). Komunikasinya sudah diatur otomatis oleh LabVIEW di balik layar. Agar Dashboard bisa akses, VI yang update Shared Variable harus running.

2. LabVIEW Web Services

Ini fitur yang lebih advanced karena memakai komunikasi HTTP biasa, jadi banyak yang bisa diotak-atik sesuai keperluan (misal security, performance). Initnya LabVIEW perlu publish VI-nya sebagai Web Service agar Dashboard bisa akses lewat network.

Kedua cara di atas memerlukan target (PC atau sistem lainnya) untuk menjalankan VI yang memegang komunikasinya. Jika tidak, NI Dashboard tidak bisa akses karena kerjanya seperti client saja.

Oleh karena itu, berikut jawaban atas pertanyaannya:

1. Bisa

2. Tidak bisa. Jika PC-nya mati, shared variable tidak update atau web service tidak jalan, sehingga NI Dashboard tidak dapat data lagi dan komunikasinya putus.

3. Tidak bisa. Seperti nomor 2, LabVIEW Web Server tetap perlu jalan di suatu target agar NI Dashboard bisa akses.

Semoga ini membantu.

Salam,

Yodha

NI Singapore

0 Kudos
Message 2 of 4
(3,136 Views)

saya mau tanya lagi cara rotate gimana ya misal saklar switch tadina horizontal mau saya jadiin vertikal gimana ya?.

0 Kudos
Message 3 of 4
(3,136 Views)

Halo burnsky,

Saat ini tidak ada opsi untuk rotate di Data Dashboard. FYI saja, bahkan di LabVIEW tidak ada fitur ini built-in, satu-satunya cara adalah dengan custom control.

Salam,

Yodha

NI Singapore

0 Kudos
Message 4 of 4
(3,136 Views)