LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Reset ke nilai 0 pengukuran frekuensi

Solved!
Go to solution

Halo member LabVIEW Team Indonesia.
Saya sedang melakukan pengukuran aliran menggunakan sensor flowmeter dan NI 6212. Flowmeter yang saya gunakan merupakan tipe sensor digital dengan konsep hall effect seperti terlampir.Semua oke saat pengukuran dilakukan, namun ketika tidak ada aliran melalui sensor indikator saya di front panel menunjukkan angka terakhir saat pengukuran (latching), bagaimana cara me reset nilai tersebut ke 0, jika tidak terjadi aliran pada sensor?
Code yang saya buat seperti gambar terlampir.

Anwar05_0-1632383906653.pngAnwar05_1-1632383969758.pngAnwar05_2-1632383999280.png


Terimakasih atas atensi nya...

0 Kudos
Message 1 of 5
(2,230 Views)

Hi  Anwar05,

 

Pada DAQmx Create Channel (CI-Period).vi terlihat constant maximum value (period) nya diberi input 1000. yg berarti 1000 detik (>15menit).

besar kemungkinan nilai terakhir akan tertahan selama 15 menit.

coba turunkan nilai tsb, dan saya sarankan coba gunakan contoh VI dari Find Example dengan judul Counter - Read Pulse Width and Frequency (Continuous).vi

 

Sebab, seharusnya anda tidak perlu meletakan DAQmx Start & DAQmx STOP dalam loop. 

 

DAQmx Period Measurement.png

0 Kudos
Message 2 of 5
(2,188 Views)

Halo Thams...

Terkait constant maximum value akan saya coba ganti segera, terkait Daq mx Start dan Stop, sudah saya ubah. Tapi sayangnya sensor saya tidak bisa berfungsi sekarang. Saya sedang mencoba cek sensor flowmeter nya dlu.
i'll let u know the progress.., Thank you

 

0 Kudos
Message 3 of 5
(2,181 Views)

saya punya flowmeter dari Shanghai JSN dengan tipe CX-M2, setiap kali kita mencoba VI yang saya buat, saya tiup sensor flowmeternya dari inlet. Kemaren masih berjalan dengan baik, tapi pas saya coba hari ini tidak bisa bekerja, saya tidak tau apa yang terjadi padahal tidak ada jatuh atau semacamnya. saya sudah cek output sinyalnya menggunakan osiloskop selalu active high padahal tipe sensornya hall effect. Ada solusi untuk saya?
Terimakasih....

0 Kudos
Message 4 of 5
(2,174 Views)
Solution
Accepted by topic author Anwar05

@Anwar05 wrote:

saya sudah cek output sinyalnya menggunakan osiloskop selalu active high padahal tipe sensornya hall effect. Ada solusi untuk saya?


pertanyaan ini tidak bisa dijawab oleh LabVIEW kayanya,

 

Tapi, coba anda periksa kembali rangkaian electronik nya. jangan² ada Power voltage atau Excitasi yang salah masuk yang mengakibatkan signal output menjadi High terus. atau ada short circuit, atau salah pull-up resistor, atau dll (banyak kemungkinan). jika kesulitan silakan minta bantuan mitra/teman yang paham electronic circuit.
Semoga perangkat electronik sensor tsb baik² saja (tidak rusak) 🙏

0 Kudos
Message 5 of 5
(2,166 Views)