LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

Simulasi Kapal Selam / Submarine

simulasi kapal selam ini masih jauh dari sistem kapal selam yang sebenarnya. tapi masih menggunakan prinsip2 fisika yang ada. dibuat untuk memenuhi ujian akhir mata kuliah software instrumentasi di kampus. karena saya masih dalam proses belajar, bisa bikin yang kayak gini aja udah seneng,. hehehe

Kapal Selam

Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagian besar Angkatan Laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya masing-masing negara berbeda. Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak sesuai untuk penyelam manusia.

Prinsip kerja

Di dalam kapal selam ada tiga ruangan utama, yakni tangki air, tangki udara, dan ruang kendali(tempat operator). Ketika kapal selam di permukaan air tangki air tidak terisi penuh atau kosong, ketika kapal selam ingin turun dari permukaan maka tangki air harus diisi dengan air dari luar dan udara yang berada di tangki air sebelumnya dikompresi ke dalam tangki udara, sehingga tekanan di tangki udara cukup tinggi.

ini penampakan Control Panelnya

ll.jpg

Indikator:

  • Under Surface digunakan untuk mengetahui posisi secara vertical
  • Outside Pressure digunakan untuk mengetahui tekanan yang menimpa kapal selam berdasarkan tekanan hidrostatis air.
  • Air Tank Pressure digunakan untuk mengetahui tekanan udara di dalam tangki udara. Sesuai dengan hokum termodinamika.
  • Air Pomp On adalah indikator hidup atau matinya pompa yang bekerja untuk mentransfer udara dari tangki air ke tangki udara dan sebaliknya.
  • Shut Valve adalah indikator valve penutup antara tangki udara dan tangki air.
  • Water Valve adalah indikator valve antara air di luar dengan tangki air yang berada di dalam kapal selam.
  • Total Mass adalah indikator total massa kapal selam beserta air di dalamnya, karena massa kapal selam dengan tangki air kosong adalah 170 Ton, dengan volume total 220 m2. Untuk dapat turun massa jenis kapal selam harus sama dengan massa jenis air, sehingg massa total harus 220 Ton.
  • Air Volume adalah indikator total udara yang berada di tangki air maupun tangki udara. Di tangki udara volumnya adalah 10 m2.
  • Water Volume adalah indikator volume air yang memenuhi tangki air.
  • Horizontal Velocity adalah kecepatan kapal selam berdasarkan kekuatan mesin kearah horizontal dengan satuan mil/jam (KNOT).
  • Fule Indikator digunakan untuk mengetahui jumlah bahan bakar. Terdapat juga indikator peringatan bahwa bahan bakar akan habis (fule empty).

Control:

  • V POSITION digunakan untuk mengontrol posisi kedalam (vertikal) dari kapal selam. Hanya dapat digunakan ketika massa jenis kapal selam sama dengan massa jenis air.
  • UP, SHUT, DOWN adalah pengontrol yang terdiri dari tiga keadaan. Ketika UP maka air di tangki air ditekan keluar menggunakan udara di dalam tangki udara. Ketika SHUT maka dikunci di keadaan yang terjadi. Ketika DOWN maka air dari luar dimasukkan ke tangki air sampai penuh. Ketika sudah penuh atau habis, otomatis akan ke keadaan SHUT.
  • Reset digunakan untuk mengembalikan simulasi ke keadaan tangki air kosong.
  • H VELOCITY digunakan untuk mengontrol mesin penggerak baling-baling sehingga kecepatan horizontal kapal selam dapat di atur. Hanya dapat digunakan jika mesin sudah menyala.
  • START ENGINE diigunakan untuk menghidupkan atau mematikan mesin penggerak baling-baling. Jika mesin dalam keadaan mati, maka H VELOCITY tidak berfungsi.
  • FULE CHARGE digunakan untuk mengisi tangki bahan bakar.
  •   STOP digunakan untuk menghentikan simulasi.

Keterangan sisi SIMULATION:

  • Vertical Position adalah simulasi posisi kapal selam di permukaan atau di dalam air. Ada gambar kapal di sana yang akan naik turun sesuai dengan posisinya.
  • Water Tank dan Air Tank adalah simulasi air dan udara di dalam tangki yang disertai dengan simulasi katup dan pompa udara.
  • HORIZONTAL VELOCITY adalah simulasi kecepatan kapal selam secara horizontal. Yang mana pergerakan dari gambar kapal akan pelan dan cepat sesuai dengan kecepatannya.
  • ENGINE SIMULATION adalah simulasi mati atau hidupnya mesin, dilengkapi dengan baling-baling yang dapat perputar dengan kecepatan sesuai dengan kerja mesin. Juga terdapat FULE TANK yang mensimulasikan keadaan bahan bakar.

ini penampakan block diagramnya

bb.jpg

block diagramnya agak berantakan,., hehe masih blajar soalnya. newbie

ini filenya

Download All
Message 1 of 13
(7,663 Views)

jempol!

Bagus aplikasinya. Terimakasih sudah mau share aplikasinya. Jangan lupa kalau mau, bisa coba masukkan aplikasinya ke kompetisi VI (virtual instruments), se-ASEAN. Kalau menang lumayan hadiahnya dan berkesempatan untuk diundang ke amrik buat ikutan NIWEEK.

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2021
0 Kudos
Message 2 of 13
(5,761 Views)

Trimakasih mas.. saya masih harus banyak blajar, minim pengetahuan tentang Labview.. proyek itu juga cuma buat UAS matakuliah aja. Ini coba2 terus.. biar kayak mas Krisna. Hehe

0 Kudos
Message 3 of 13
(5,762 Views)

Salut juga untuk kemampuan memodifikasi control dan indikator di GUI front panel .

Message 4 of 13
(5,762 Views)

trimakasih mas,. @Chandrapzm ., tapi sebenarnya masih banyak fungsi2 di dalam labview yang saya belum mengerti,. makanya itu komponen nya gk ada yang aneh2,. sederhana,.

0 Kudos
Message 5 of 13
(5,762 Views)

waah mas tokko hebriiing, ada link refrensi materi tentang labview. mhooon pencerahanya. saya baru mengenal labview dan sangat tertarik. trims

Message 6 of 13
(5,762 Views)

saya juga masih belajar @sieliee hhehe

0 Kudos
Message 7 of 13
(5,762 Views)

ayo mas submit programnya di Graphical System Design Competition ya.

Certified LabVIEW Developer (CLD)
Certified TestStand Developer (CTD)
Using LabVIEW 8.5.1 (2008) to LabVIEW 2021
0 Kudos
Message 8 of 13
(5,762 Views)

saya menggunakan labview 2013 kenpa g bisa di buka y mas ( error )

0 Kudos
Message 9 of 13
(5,762 Views)

Bisa dijelaskan errornya?

0 Kudos
Message 10 of 13
(5,762 Views)