LabVIEW Team Indonesia

cancel
Showing results for 
Search instead for 
Did you mean: 

keanehan saat running labview

mau tanya lagi ini, gimana caranya mengatasi array yg tertukar dikarenakan karakter "enter" atau pada Table ASCII namanya "LF" dengan nilai desimal 10? karena seperti yg ada video berikut pada detik ke-13, array yg sebelumnya [72,85,32,9,98] saat array ke-4 yg awalnya bernilai desimal 9 dan kemudian berubah menjadi 10, array ke-5 malah maju menjadi array ke-1. saya perkirakan ini dikarenakan saat array ke-4 bernilai desimal 10 (stringnya berupa "enter") maka string setelahnya akan jadi array ke-1. begitu pula jika array ke 4 tadi diletakkan urutan manapun pasti saat nilainya 10 maka array setelahnya tertukar ke posisi ke depan. hal ini bagaimana mengatasinya ya?trims

0 Kudos
Message 11 of 19
(2,222 Views)

Solusinya bisa bermacam-macam, tergantung dari desain VI-nya saat ini. Kalau bisa tolong share dulu VI-nya supaya kita bisa cek kenapa behavior-nya seperti itu dan solusi seperti apa yang bisa dipakai.

Ditunggu ya.

Yodha

NI SIngapore

0 Kudos
Message 12 of 19
(2,222 Views)

ya sebenarnya sih konsepnya sama kaya program saya yg dulu pak cuma ada beberapa perbaikan. yang masalah ada di array no. 6 & 7. ya intinya saat nilai numerik arraynya 10 (representasi stringnya "enter") pada array 6 atau 7 pasti array yg dibelakangnya maju ke depan. hal yang sama terjadi walaupun urutan array yg ke 6 & 7 itu saya ubah urutannya ke urutan berapapun..seperti cerita saya sebelumnya.

0 Kudos
Message 13 of 19
(2,222 Views)

Setelah lihat VI-nya jadi lebih jelas di mana problemnya, yaitu di VISA Read dan VISA Configure Serial Port. Default setting dari VISA Configure Serial Port adalah mengaktifkan Termination Character yang artinya VISA Read akan berhenti membaca setelah membaca termination character, yang default-nya adalah line feed dkl. '10' di ASCII (ini tidak sama dengan enter / carriage return, dkl. '13' di ASCII).

Oleh karena itu, ketika yang terbaca line feed, terlihat bahwa jumlah string yang terbaca hanya empat, bukan lima seperti normalnya. Ketika VISA Read baca lagi, string yang tadinya tidak terbaca jadi muncul di depan dan ini merusak komunikasi seterusnya.

Solusinya adalah dengan mengubah setting di VISA Configure Serial Port agar tidak mengenal termination character (supaya tidak berhenti membaca sampai dapat jumlah byte yang diminta) atau mengganti termination character-nya ke kode ASCII lain.

Untuk detilnya, nyalakan Context Help (Ctrl + H) lalu hover di kedua VISA node, kemudian klik 'detailed help' di bawah window-nya.

Semoga membantu.

Salam,

Yodha

NI Singapore

Message 14 of 19
(2,222 Views)

Saran sedikit mudah2an bisa membantu.

Sebaiknya nilai yang dikirim dari arduino ke LabVIEW melalui RS232 dibuat konstan jumlah digitnya. Misalnya untuk data analog input 10 bit ( 0 ... 1023) jgn langsung dikirim tapi ditambahkan dulu dengan 1000 misalnya. Dengan demikian 0 = 1000 dan 1023=2023. Setelah diterima di labVIEW, sebelum diolah tentu saja harus dikurangi dulu dengan nilai 1000. Dengan demikian jumlah digit (byte) yang dikirim selalu sama.

Message 15 of 19
(2,222 Views)

saran dari pak yodha dan pak endang bisa berjalan dengan baik..hehe

oya kira-kira ada tidak ya objek pada front panel yg berupa motor,blower,pneumatik,conveyor,dsb?kalau ada dimana saya bisa mendapatkannya?

trims

Message 16 of 19
(2,222 Views)

Cara yang lebih mudah adalah dengan memakai DSC Module Controls dari LabVIEW DSC (Datalogging and Supervisory Control) Module, jika punya. DSC Module Control ini sudah masuk ke pallette setelah install LabVIEW DSC. Ada juga database bernama Image Navigator untuk image yang banyak dipakai di Industrial Control, aksesnya dari LabVIEW >> Tools >> DSC Module >> Image Navigator. Contoh gambarnya seperti di bawah ini.

Image Navigator (DSC Module).jpg

Opsi lain, bisa pakai Custom Control, di mana anda customize control yang sudah ada untuk menambahkan gambar-gambar yang diinginkan atau mengubah penampilannya. Jadi ini hanya bisa mengubah kosmetiknya saja.

Jika ingin membuat control yang behavior-nya bisa diatur juga, anda perlu buat XControl, di mana anda buat VI yang running di belakangnya untuk menentukan behavior saat run-time atau edit-time. Gambar-gambar dari Image Navigator bisa juga dipakai untuk membuat XControl. Ini opsi yang lebih advanced ya. Silahkan cari contohnya di LabVIEW Example Finder (LabVIEW >> Help >> Find Example).

Salam,

Yodha

NI Singapore

Message 17 of 19
(2,222 Views)

Betul sekali yang dijelaskan pak Yodha. Salah satu contoh yang pernah saya buat dgn DSC Module sebagai berikut:

Fron Panel.jpg

0 Kudos
Message 18 of 19
(2,222 Views)

saya blh minta file vi nya pak?buat referensi dan pembelajaran nih pak..

0 Kudos
Message 19 of 19
(2,222 Views)